Tujuan
Dalam rangka mendukung dan turut serta menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013 maka pihak sekolah harus dapat bertindak serta menempatkan diri selaku motivator, dinamisator, dan stabilisator dalam segala bentuk kegiatan pembelajaran. Untuk itu, kami menyusun suatu rencana kegiatan widyawisata yang diharapkan dapat menunjang pemerolehan pengetahuan siswa melalui proses pengamatan langsung (kontekstual) terhadap objek-objek pembelajaran.
Dalam rangka mendukung dan turut serta menyukseskan pelaksanaan Kurikulum 2013 maka pihak sekolah harus dapat bertindak serta menempatkan diri selaku motivator, dinamisator, dan stabilisator dalam segala bentuk kegiatan pembelajaran. Untuk itu, kami menyusun suatu rencana kegiatan widyawisata yang diharapkan dapat menunjang pemerolehan pengetahuan siswa melalui proses pengamatan langsung (kontekstual) terhadap objek-objek pembelajaran.
Kegiatan widyawisata ini pun diharapkan menjadi sumber
belajar bagi siswa yang berkaitan langsung dengan beberapa bidang studi,
seperti Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Biologi, Fisika,
Kimia, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Kewirausahaan. Selain itu, kegiatan widyawisata ini dapat mengantarkan
siswa ke dalam suasana belajar di luar kelas (learning by playing). Konsep ini
mengutamakan daya kreativitas siswa. Sebab selama mengikuti kegiatan, siswa
diberi beban tugas yang berbeda. Secara umum akan ada penekanan khusus dalam
rangka penugasan dan pembelajaran dalam kegiatan widyawisata ini.